Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sarkoidosis

Apa itu sarkoidosis?  
Sarkoidosis adalah penyakit yang hasil dari jenis tertentu peradangan jaringan tubuh. Hal ini dapat muncul dalam hampir semua organ tubuh, tetapi paling sering dimulai di paru-paru atau kelenjar getah bening.

Penyebab sarkoidosis tidak diketahui. Penyakit ini dapat muncul tiba-tiba dan menghilang. Atau bisa berkembang secara bertahap dan pergi untuk menghasilkan gejala-gejala yang datang dan pergi, kadang-kadang untuk seumur hidup.

Sebagai sarkoidosis berlangsung, gumpalan mikroskopis dari bentuk spesifik dari peradangan, yang disebut granuloma, muncul dalam jaringan yang terkena. Pada kebanyakan kasus, granuloma menjernihkan, baik dengan atau tanpa pengobatan. Dalam beberapa kasus dimana granuloma tidak sembuh dan menghilang, jaringan cenderung tetap meradang dan menjadi bekas luka (fibrosis).

Sarkoidosis pertama kali diidentifikasi lebih dari 100 tahun lalu oleh dua ahli dermatologi bekerja secara independen, Dr Jonathan Hutchinson di Inggris dan Dr Caesar Boeck di orwegia. Sarkoidosis awalnya disebut penyakit Hutchinson atau penyakit Boeck itu. Dr Boeck melanjutkan untuk nama fashion saat ini untuk penyakit dari kata Yunani "Sark" dan "oid," yang berarti seperti daging. Istilah menggambarkan letusan kulit yang sering disebabkan oleh penyakit.

Gejala-Gejala sarkoidosis?
Sesak napas (dyspnea) dan batuk yang tidak akan pergi dapat menjadi salah satu gejala pertama dari sarkoidosis. Tapi sarkoidosis juga dapat muncul tiba-tiba dengan penampilan ruam kulit. Benjolan merah (eritema nodosum) pada wajah, lengan, atau tulang kering dan radang mata juga gejala umum.
Hal ini tidak biasa, namun, untuk gejala sarkoidosis menjadi lebih umum. Berat badan, kelelahan, keringat malam, demam, atau hanya perasaan keseluruhan kesehatan yang buruk juga dapat petunjuk untuk penyakit.

Post a Comment for "Sarkoidosis"